klik iklan wd 10 ribu

Jumat, 21 Desember 2012

MediaPendidikan dan Proses Komunikasi Pembelajaran



MEDIA PENDIDIKAN

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau penghantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam pendidikan yang dimaksud pengantar dan penerima adalah guru dan murid. Dalam kamus besar bahasa indonesia, media adalah alat; alat (sarana) komunikasi spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk; yg terletak di antara dua pihak; perantara; penghubung.Banyak pendapat batasan yang diberikan orang atau institusi tentang media.
Media pendidikan merupakan alat (sarana) yang digunakan Guru untuk menyampaikan materi serta menyalurkan informasi pelajaran kepada murid baik berupa media visual, audio atau audio-visual, dan dapat merangsang siswa untuk belajar.

PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

A.  Proses Perkembangan Sebagai Proses Komunikasi
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaitu prosesmenyampaikan pesan dari sumber pesan melalui saluran media / media dan penerima.komponen untuk proses komunikasi pesan yang akan dikonunikasikan adalah is ajaran atas didikan yang ada dalam kurikulum. sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku-buku prosedur media. salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru.

B.  Bentuk-bentuk Komunikasi
Pada dasarnya bentuk komunikasi tebagi atas 2 yaitu :
·         Komunikasi verbal yaitu salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan kepada siswa yaitu melalui tulisan maupun lisan.
·         Komunikasi nonverbal yaitu bentuk komunikasi yang menggunakan gerak-gerakan tubuhatau lebih diawali dengan bahan/isyarat.

C.  Tujuan dan Prinsip Komunikasi
Tujuan suatu pendidikan seorangguru atau pengajar harus secara rutin berkomunikasi dengan siswa agar tercapai tujuan yangdiharapkan, seperti komunikasi dapat memberikan informasi, memberikan pendidikan, mempengaruhi lawan bicara, menghibur masyarakat. Prinsip komunikasi merupakan proses penuangan pesan kedalam "simbol" komunikasi yang disebut encoding. selanjutnya penerimaan pesan, bisa siswa atau guru menafsirkan simbol komunikasitersebut sehingga diperoleh pesan atau dapat dipahami.

D.  Faktor Pendukung dan Penghambat Komunikasi
Faktor pendukung dalam komunikasi yaitu media, karena media bisa dijadikan faktor  pendukung berkomunikasi. contoh audio, vidio, buku, papan tulis, TV dll. Hambatan komunikasi antara lain :
·         Hambatan fisik yaitu cacat tubuh, kurang jelas penglihatan, kelelahan, sakit dll
·         Hambatan psikologis yaitu cacat mental, intelegensi, kepercayaan, minat , sikap dll
·         Hambatan kultural yaitu perbedaan adat istiadat bisa menghambat komunikasi
·         Hambatan lingkungan yaitu belajar di kota tidak sama dengan cara belajar di desa

E.  Teori Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikasi (pendidik) kepada komunikan (siswa) melalui media untuk mencapai tujuan tertentu. Karakteristik komunikasi yang efektif :
·         Memberikan informasi yang praktis
·         Informasi yang disampaikan jelas dan padat
·         Dapat menyakinkan pihak lain
·         Memberikan fakta bahan sekedar pesan
F.  Menciptakan Komunikasi Pembelajaran yang Efektif
·         Jelas (tepat penggunanya)
·         Ketepatan (memperhatikan pemilihan kata-kata yang sesuai)
·         Budaya (teratur dan tetap berkontrol)
·         Alur
·         Isi (kandungan informsi baru dan positif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar