MEDIA PENDIDIKAN
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk
jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau penghantar.
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Dalam pendidikan yang dimaksud pengantar dan penerima adalah guru dan murid.
Dalam kamus besar bahasa indonesia, media adalah alat; alat (sarana) komunikasi
spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk; yg terletak di
antara dua pihak; perantara; penghubung.Banyak pendapat batasan yang diberikan
orang atau institusi tentang media.
Media pendidikan
merupakan alat (sarana) yang digunakan Guru untuk menyampaikan materi serta
menyalurkan informasi pelajaran kepada murid baik berupa media visual, audio
atau audio-visual, dan dapat merangsang siswa untuk belajar.
PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN
A. Proses Perkembangan Sebagai Proses Komunikasi
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses
komunikasi yaitu prosesmenyampaikan pesan dari sumber pesan melalui saluran
media / media dan penerima.komponen untuk proses komunikasi pesan yang akan
dikonunikasikan adalah is ajaran atas didikan yang ada dalam kurikulum. sumber
pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku-buku prosedur media.
salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga
guru.
B. Bentuk-bentuk Komunikasi
Pada dasarnya bentuk
komunikasi tebagi atas 2 yaitu :
·
Komunikasi verbal yaitu salah satu
bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan kepada siswa
yaitu melalui tulisan maupun lisan.
·
Komunikasi nonverbal yaitu bentuk
komunikasi yang menggunakan gerak-gerakan tubuhatau lebih diawali dengan
bahan/isyarat.
C. Tujuan dan Prinsip Komunikasi
Tujuan suatu pendidikan seorangguru atau pengajar harus
secara rutin berkomunikasi dengan siswa agar tercapai tujuan yangdiharapkan,
seperti komunikasi dapat memberikan informasi, memberikan pendidikan,
mempengaruhi lawan bicara, menghibur masyarakat. Prinsip komunikasi merupakan
proses penuangan pesan kedalam "simbol" komunikasi yang disebut
encoding. selanjutnya penerimaan pesan, bisa siswa atau guru menafsirkan simbol
komunikasitersebut sehingga diperoleh pesan atau dapat dipahami.
D. Faktor Pendukung dan Penghambat Komunikasi
Faktor pendukung dalam komunikasi yaitu media, karena media
bisa dijadikan faktor pendukung berkomunikasi. contoh audio, vidio, buku,
papan tulis, TV dll. Hambatan komunikasi antara lain :
·
Hambatan fisik yaitu cacat tubuh,
kurang jelas penglihatan, kelelahan, sakit dll
·
Hambatan psikologis yaitu cacat
mental, intelegensi, kepercayaan, minat , sikap dll
·
Hambatan kultural yaitu perbedaan
adat istiadat bisa menghambat komunikasi
·
Hambatan lingkungan yaitu belajar di
kota tidak sama dengan cara belajar di desa
E. Teori Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari
komunikasi (pendidik) kepada komunikan (siswa) melalui media untuk mencapai
tujuan tertentu. Karakteristik komunikasi yang efektif :
·
Memberikan informasi yang praktis
·
Informasi yang disampaikan jelas dan
padat
·
Dapat menyakinkan pihak lain
·
Memberikan fakta bahan sekedar pesan
F. Menciptakan Komunikasi Pembelajaran yang
Efektif
·
Jelas (tepat penggunanya)
·
Ketepatan (memperhatikan pemilihan
kata-kata yang sesuai)
·
Budaya (teratur dan tetap berkontrol)
·
Alur
·
Isi (kandungan informsi baru dan
positif)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar